HEADLINE

Latest Post
Loading...

12 May 2023

Bersama AJI Lhokseumawe, LPM Al-Kalam Peringati Hari Kemerdekaan Pers Sedunia

Foto: Fathanah 

www.lpmalkalam.com- LPM Al-Kalam IAIN Lhokseumawe bersama Aliansi Jurnal Independen (AJI) Lhokseumawe  peringati Hari Kemerdekaan Pers Sedunia pada Rabu sore (10/05/2023) di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe. Sebagai agenda utama, AJI Lhokseumawe mengadakan diskusi terkait “Independensi Media dan Demokrasi” yang dihadiri oleh tiga narasumber hebat, yaitu sosiolog dan dosen Ilmu Politik Universitas Malikussaleh, Prof. dr. Nirzalin, M.Si. dan Dr. Tgk. M. Rizwan Haji Ali, M.A. serta Ketua Majelis Etik AJI Lhokseumawe yaitu Ayi Jufridar. 

Selain agenda utama, acara ini juga diwarnai dengan berbagai agenda lainnya, mulai dari pembacaan puisi oleh Pimen-salah satu penyair Aceh- dan Ayi Jufridar, penampilan penghikayat Fuady Keulayu-seniman muda Aceh- hingga long march di Jalan Merdeka dari depan Lapangan Hiraq hingga Masjid Islamic Center Lhokseumawe. Peringatan Hari  Kemerdekaan Pers Sedunia kali ini  juga diawali dengan pameran 16 foto karya Rahmad YD-fotografer LKBN Antara Aceh- yang bertemakan aksi damai para jurnalis Lhokseumawe dalam menolak kekerasan dan kriminalisasi jurnalis pada tahun 2000, 2012, 2016, 2017, 2020, dan 2021. 

Foto: Fathanah 



Sebagai satu-satunya Lembaga Pers Mahasiswa di Lhokseumawe, LPM Al-Kalam turut hadir mengikuti Hari Kemerdekaan Pers Sedunia bersama lembaga-lembaga lain, seperti Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh dan para wartawan dari organisasi profesi kewartawanan lainnya, juga diikuti oleh perwakilan Basri Daham Journalism Institute (BJI), HMI Lhokseumawe-Aceh Utara, LMND Lhokseumawe, dan mahasiswa alumni Kelas Jurnalistik Ramadan (KJR) AJI Lhokseumawe 2023. 

 “Meskipun peringatan Hari Kemerdekaan Pers Sedunia kita laksanakan secara sederhana, tapi diharapkan dapat memberikan pesan mendalam tentang independensi media dan perkembangan demokrasi terutama di Aceh,” ungkap Irman selaku ketua AJI Lhokseumawe. 

Ia juga membeberkan alasan AJI Lhokseumawe menggelar diskusi independensi media dan demokrasi pada peringatan Hari Kemerdekaan Pers Sedunia tahun 2023 dikarenakan bertepatan dengan  momentum Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang sebentar lagi akan berlangsung.


Reporter: Rayhanun Jannah

Editor: Redaksi
banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.