HEADLINE

Latest Post
Loading...

04 November 2023

UKM LPM AL-Kalam Kembali Adakan Pembekalan Berupa Pelatihan Kepenulisan bagi Kru Magang

Foto: Yusri


www.lpmalkalam.com-  Pada Sabtu, 4 November 2023, UKM LPM AL-Kalam kembali mengadakan pertemuan berupa pembekalan pelatihan kepenulisan kepada seluruh kru magang UKM LPM AL-Kalam dengan judul 'Tata Cara Penulisan' yang disampaikan langsung oleh Najimah Munira (Redaktur Reportase Lpm Al-Kalam) mahasiswa jurusan Tadris Bahasa Indonesia IAIN Lhokseumawe bertempat di salah satu ruang belajar FUAD (Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah) pukul 14.30 s.d.16.00 WIB.

Adanya pelatihan kepenulisan ini bertujuan untuk mempelajari penulisan yang masih keliru baik dalam pembuatan berita, desain, dan lain sebagainya.

Dalam penyampaiannya, Najimah menyampaikan tata cara penulisan yang benar sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) atau yang sebelumnya dikenal dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) terkait tentang penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf tebal, imbuhan, gabungan kata, akronim, singkatan, preposisi, penulisan judul, dan tata cara penulisan yang kerap kali salah digunakan dalam pembuatan berita, desain, dan dalam kehidupan sehari-hari. 

Foto: Yusri 

Di sela-sela penyampaian materi, Najimah juga memberi kesempatan dan mempersilahkan seluruh audiens untuk bertanya terkait materi yang disampaikannya. Munculnya beberapa pertanyaan dari para audiens memberikan ilmu dan wawasan yang lebih kepada pihak yang terlibat di dalam ruangan. Beliau juga menyampaikan bagaimana penulisan dalam membuat makalah, footnote, dan daftar pustaka.

Najimah selaku pemateri mengungkapkan, "Adanya pembekalan dan pelatihan kepenulisan pada hari ini diharapkan dapat menjadi edukasi baru bagi teman-teman untuk diedukasi kan lagi kepada masyarakat luas sehingga dapat bermanfaat dan diterapkan dalam media yang digunakan juga kehidupan sehari-hari," tuturnya pada akhir penyampaian materi. 

Foto: Muhammad Syahru

Di akhir pembekalan pada Sabtu sore tersebut, Dahlia Suryani Siregar selaku Pimpinan Umum UKM LPM AL-Kalam menambahkan beberapa point penting terkait penulisan yang benar sekaligus menyampaikan hal-hal yang dapat dievaluasi dari hasil karya teman-teman UKM LPM AL-Kalam terutama calon kru yang saat ini sedang dalam proses magangnya. 


Reporter: Alya Nadila (Magang)

Editor: Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.