HEADLINE

Latest Post
Loading...

17 September 2023

Menjadi Jurnalis Muda Berintegritas, LPM Al-Kalam Kupas Materi Etika Jurnalistik pada PJTD Hari Kedua

Foto: Yulianata Putri Ramadani 


www.lpmalklam.com-  Sebagaimana diketahui bahwa Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) merupakan agenda wajib bagi calon kru muda LPM Al-Kalam sebagai syarat akhir untuk bergabung secara resmi bersama keluarga besar LPM Al-Kalam, satu-satunya pers mahasiswa di IAIN Lhokseumawe dan Kota Lhokseumawe sendiri. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, PJTD tahun 2023 dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada tanggal 14-15 September 2023 di aula Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. PJTD tahun ini mengusung tema yang cukup menarik bagi calon jurnalis yaitu “Scale up Your Creativity, Get up Your Capacity. Menjadi Jurnalis Muda Berintegritas di Era Society 5.0”.

PJTD hari pertama diisi dengan agenda opening ceremonial, kemudian dilanjutkan dengan materi-materi penting terkait pers dan jurnalistik sekaligus praktiknya di PJTD tahun 2023 ini. Materi penting yang dimaksud ialah materi yang disampaikan oleh Zulbadri dan Deni Muktahdi terkait desain grafis dan video reportase yang nanti akan sangat berguna bagi para jurnalis muda LPM Al-Kalam.

Di hari selanjutnya, PJTD 2023 diisi oleh pemateri hebat lainnya, yaitu Jafaruddin yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Serambi Indonesia Lhokseumawe. Dirinya mengupas tuntas terkait etika jurnalistik sebagai pemahaman dasar bagi jurnalis muda. Materi etika jurnalistik tidak hanya tersampaikan oleh satu sumber saja, namun Jafaruddin membuatnya menjadi agenda diskusi edukatif bagi seluruh peserta PJTD 2023 sehingga semua peserta mempunyai hak yang sama untuk berargumentasi dalam diskusi. 

“Pemahaman etika jurnalistik sangat penting bagi jurnalis-jurnalis muda karena hal ini bisa dijadikan aturan dasar bagi seorang jurnalis andal dalam melakukan 6M yaitu mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyiarkan informasi” ujar Jafaruddin.

Foto: Yulianata Putri Ramadani 

Usai materi etika jurnalistik, PJTD 2023 dilanjutkan dengan acara penutupan sekaligus pengumuman kelompok terbaik Karya video reportase yang dipilih dari hasil karya para peserta PJTD 2023. Selain itu LPM Al-Kalam juga memberikan penghargaan kepada kelompok magang teraktif tahun 2022, kru videografi terbaik, kru penulisan terbaik, kru fotografi terbaik, dan kru desain grafis terbaik pada rangkaian agenda penutupan. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Pembina LPM Al-Kalam, Ibu Syarifah Rahmah, M.Ag, Pemimpin Umum LPM Al-Kalam, Dahlia Suryani Siregar, Pemimpin Redaksi LPM Al-Kalam, Yulianata Putri Ramadani, dan Ketua Panitia PJTD tahun 2023, Putri Azzahra Lubis.

Saat penutupan berlangsung, pihak MAN Lhokseumawe yang diwakili oleh Ibu Fitria Winanda, S.Pd., M.Pd selaku Pembina Ekstrakurikuler MAN Lhokseumawe, turut memberikan kesan dan pesannya terhadap PJTD tahun ini. Dirinya juga mengucapkan ribuan terima kasih atas kesempatan yang luar biasa yang diberikan bagi MAN Lhokseumawe untuk menjadi peserta pada kegiatan tersebut. Semoga ilmu yang didapatkan oleh seluruh siswa-siswanya bisa diimplementasikan dengan baik di dalam ekstrakurikuler jurnalistik MAN  hokseumawe.


Reporter: Rayhanun Jannah

Editor: Redaksi 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.