HEADLINE

Latest Post
Loading...

07 June 2024

HMJ Ilmu Falak Sukses Selenggarakan Pelatihan Olah Data Meteorologi

Foto: IST


www.lpmalkalam.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe selenggarakan acara Pelatihan Olah Data Meteorologi dengan mengusung tema "Meteorological Data Processing and Analysis For Sustainable Future In The Modern Era” pada Rabu (5/6/2024). Acara ini bertempat di Aula Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan III Syariah, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan sejumlah dosen Jurusan Ilmu Falak, Ketua dan koordinator Indonesian Islamic Astronomy club (IIAC) yang berasal dari Jawa Timur, Alumni, serta mahasiswa Jurusan Ilmu Falak dari berbagai tingkatan.

Acara ini merupakan agenda rutin yang diadakan di setiap tahunnya. Acara ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama terkait teori mengenai meteorologi, dan sesi kedua melakukan praktik langsung mengenai cara mengolah data meteorologi menggunakan laptop. Seluruh peserta terlihat sangat antusias.

Pemateri Acara diisi oleh Bapak Kharendra Muiz S.Si. selaku Kepala Koordinator Informasi dan Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh Aceh Utara. Terkait ini, banyak hal yang disampaikan mulai dari  pengenalan mengenai apa itu meteorologi, bagaimana mencari data, mengolah data meteorologi, serta bermain games tanya jawab menarik diakhir acara.

Foto: Raisa Salsabiila 


Ketua Jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe, Dr. Ismail, S.Sy., M.A mengatakan bahwa acara Pelatihan Olah Data Meteorologi ini dapat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai bagaimana melakukan Olah Data Meteorologi dengan baik dan benar. "Semoga acara ini juga akan dapat mendongkrak semangat mahasiswa/i untuk selalu senantiasa mencari ilmu di segala bidang, bukan hanya di satu bidang saja, untuk menunjang masa depan yang berintelektual. Mengenal serta memahami mengenai meteorologi ini sangatlah penting untuk dipelajari, karena meteorologi ini merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat menarik untuk dibahas," ujar Beliau.

Sementara itu, ketua panitia Raisa Salsabiila mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan acara ini sebagai bentuk pemberian pemahaman mengenai cara mengolah data meteorologi yang memiliki keterkaitan terhadap Ilmu Falak sendiri. "Dengan adanya Acara ini diharapkan dapat memberikan pembekalan khusus kepada peserta pelatihan mengenai hal-hal terkait meteorologi yang dibahas," ujarnya.


Reporter: Raisa Salsabiila

Editor: Redaksi

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.