HEADLINE

Latest Post
Loading...

01 November 2016

Entrepreneurial Campus ;Sarjana dan Gerakan Kewirausahaan

Oleh : Muhammad Nabawi AlSigli

Menurut Raymondw.Y.Kao “Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita”. 'Menurut kamus besar Bahasa Indonesia' wirausaha ialah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya.

Dapat kita simpulkan Wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala Sumber daya dan upaya.

Sebagai ajaran yang mengajarkan keseimbangan dunia dan akhirat, Islam telah menggaris bawahi bahwai bekerja (berwirausaha) merupakan pekerjaan mulia. Dalam beberapa ayat Al-Quran dan hadis ditemukan penjelasan tentang urgensi (fadilah) wirausaha. Seperti ayat-ayat maupun hadis berikut.

...Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba... (Al-Baqarah/2 ayat 275). Dilanjutkan ayat yang lain. Apabila salat telah ditunaikan, maka bertebaranlah di muka bumi; carilah karunia Allah. (Al-Jumuah/62 ayat 10).

Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu dibangkitkan. (Al-Mulk/67 ayat 15).

Perhatikan olehmu, sesungguhnya perdagangan itu di dunia ini adalah sembilan dari sepuluh pintu rezeki. (HR Ahmad).

Sehingga sudah sepatutnya di STAIN Malikussaleh yang akan menjadi IAIN Lhokseumawe  untuk mulai memberdayakan mahasiswa dengan program-program wirausaha baik dengan didirikannya Koperasi Mahasiswa, Kantin Mahasiswa, dan lain sebagainya sehingga nantinya akan melahirkan generasi yang siap membuka lapangan kerja yang pada akhirnya akan mengurangi jumlah pengangguran. Salah satu domain yang perlu dilakoni mahasiswa dalam melakukan perubahan adalah menjadi pelaku usaha atau pengusaha (entrepreneur).

Menjadi wirausaha muda merupakan kebanggaan tersediri bagi mahasiswa di tengah persaingan kerja yang semakin kompetitif dan sempitnya lapangan kerja yang tersedia. Berwirausaha perlu dijadikan prioritas utama mahasiswa di samping prioritas keilmuan yang dikuasai dan dikembangkan. Menjadi seorang Wirausaha itu tidak takut akan mengalami kerugian, dikarnakan wirausaha apabila kurang percaya diri akan resiko ataupun kerugian,  usahanya itu tidak akan bisa maju.

Menurut hemat penulis ada beberapa Usaha yang memeng mampu memicu  Peningkatan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi  seperti Pendirian Pusat  kewirausahaan Kampus, Entrepreneurship Priority, Pengembangan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program, Wirausaha Mandiri Untuk Mahasiswa, Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas bagi Mahasiswa, dan Program Pemberian Modal  Usaha Untuk Mahasiswa.

Perguruan tinggi sebagai salah satu mediator dan fasilitator terdepan  dalam membangun generasi muda bangsa mempunyai kewajiban dalam mengajarkan, mendidik, melatih dan memotivasi mahasiswanya sehingga menjadi generasi cerdas yang mandiri, kreatif, inovatif dan mampu menciptakan berbagai peluang pekerjaan (usaha). Untuk itu sebuah keharusan bagi setiap perguruan tinggi segera merubah arah kebijakan perguruan tingginya dari high Learning university and Research University menjadi Entrepreneurial University atau menyeimbangkan kedua arah kebijakan tersebut sehingga arah kebijakan keduanya tercapai baik yang bersifat high Learning university and Research University maupun yang bersifat Entrepreneurial University . Dengan paradigma change tersebut pada akhirnya akan melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda sukses layaknya ”pahlawan-pahlawan muda” yang akan mampu membangkitkan bangsa ini dari berbagai keterpurukan.

Seorang pendidik sangat diperlukan dalam mengembangkan segala upaya yang mahasiswa inginkan. Tanpa mahasiswa suatu lembaga tidak akan lahir jika lembaga tersebut tidak mempunyai mahasiswa.

Untuk melahirkan  entrepreneur-entrepreneur muda sukses tersebut di perlukan kesungguhan dan keseriusan dari perguruan tinggi dalam mengembangkan misi entrepreneurial campus. Program-program kewirausahaan yang telah digagas dan dijalankan oleh berbagai perguruan tinggi khususnya di indonesia, patut kiranya dijadikan sebagai teladan dalam memulai memfokuskan perguruan tinggi dalam melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda sukses.

"Jangan takut menjadi seorang enterpreneur"

Penulis merupakan Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan DEMA STAINMAL 2015-2016


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.