HEADLINE

Latest Post
Loading...

30 June 2022

Mahasiswa Ilmu Falak Ikut Lakukan Rukyah Hilal Dzulhijjah, Kapan Hari Raya Idul Adha?

Foto: IST

www.lpmalkalam.comSejumlah mahasiswa jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe ikut berpartisipasi pada pengamatan hilal 1 Dzulhijjah 1443 H, yang diadakan di Bukit Tower ,Komplek Perumahan PT Perta Arun Gas, Lhokseumawe, pada Rabu lalu, (29/06/2022).

Pengamatan hilal untuk penentuan 1 Dzulhijjah 1443 H secara nasional dilakukan pada hari Rabu 29 Juni 2022, bertepatan dengan 29 Zulkakdah 1443 H. Ada 99 titik pengamatan hilal nasional di seluruh Indonesia dan di Aceh pula terdapat 6 titik lokasi Rukyah Hilal resmi, salah satu nya adalah di Bukit Tower, Komplek perumahan PT Perta Arun Gas, Kota Lhokseumawe.

Lokasi ini telah menjadi lokasi resmi yang tercatat secara nasional sejak 8 tahun yang lalu. Dimana, lokasi ini sudah lama dijadikan tempat rukyah hilal bagi Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lhokseumawe, Kemenag Aceh Utara, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Utara dan IAIN Lhokseumawe.

Pengamatan Rukyah Hilal kali ini dihadiri oleh tim hisab rukyat Kemenag Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, mahasiswa jurusan Ilmu Falak Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, dan santri Dayah Darul Falah Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara.

Foto: IST


Sampai hilal terbenam, hilal tidak terlihat di lokasi Rukyat karena posisinya secara astronomis di lokasi belum terpenuhi untuk mungkin dilihat. Sementara itu, kriteria hilal agar memungkinkan untuk dilihat yakni pada ketinggian minimal 3 derajat dan sudut elongasi minimal 6,4 derajat. Sedangkan data hilal di lokasi Rukyat pada Rabu lalu yaitu dengan ketinggian hilal 2 derajat 53 menit busur dan sudut elongasi 5 derajat 39 menit busur.

Secara nasional hilal belum terpenuhi kriteria tersebut, sehingga pemerintah Indonesia dalam Sidang Isbat Hilal telah menetapkan 1 Zulhijjah 1443 H jatuh pada hari Jum'at, 1 Juli 2022 dengan menggenapkan jumlah bulan Zulkakdah 30 hari. Dengan demikian, 10 Dzulhijjah atau hari Raya Idul Adha 1443 H akan jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022.



Sumber: Rilis


Editor: Redaksi


 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.