HEADLINE

Latest Post
Loading...

02 September 2022

Dedikasi Kemanusiaan Tanpa Henti, KSR-PMI Unit 08 IAIN Lhokseumawe Sebagai Garda Terdepan Tim Kesehatan Kampus

Foto: IST

www.lpmalkalam.comKesuksesan acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Lhokseumawe tahun 2022 yang berlangsung mulai dari tanggal 29 hingga 31 Agustus 2022 tentu tidak luput dari kontribusi banyak pihak, salah satunya kontribusi tim kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam segala situasi darurat.

KSR-PMI Unit 08 IAIN Lhokseumawe sebagai Korps Sukarela unit kampus memiliki peranan yang cukup penting dalam setiap pelaksanaan kegiatan di lingkungan kampus. Sebagai Unit Kegiatan yang memiliki tanggung jawab besar sebagai penolong pertama dalam keadaan darurat, persiapan sebelum penugasan pun menjadi hal yang amat penting. Mulai dari kesiapan pengetahuan, mental, serta fisik para relawan dan juga persiapan peralatan medis pertolongan pertama yang dibutuhkan dalam setiap penugasan.

Eksistensi KSR-PMI Unit 08 IAIN Lhokseumawe sebagai satu-satunya Unit Kegiatan Khusus yang bergerak dibidang kesehatan sejak tahun 2001 menjadikan unit kegiatan ini memiliki rekam jejak historis perjalanan yang cukup panjang sebagai unit kegiatan mahasiswa yang memiliki kontribusi besar terhadap kampus khususnya di bidang kesehatan.

Salah satu bentuk kontribusi KSR-PMI Unit 08 IAIN Lhokseumawe yaitu menjadi garda terdepan tim kesehatan dalam kegiatan PBAK pada tanggal 29 hingga 31 Agustus lalu,. Kegiatan yang yang berlangsung selama tiga hari dan diikuti sebanyak 1.139 mahasiswa baru berlangsung dengan kondusif dan dapat terkendali. Meskipun sebanyak 27 orang mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PBAK mengalami pingsan selama kegiatan berlangsung dan 4 diantaranya harus dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut, namun situasi darurat yang terjadi pada akhirnya dapat diatasi dengan baik oleh 15 orang tim kesehatan KSR-PMI Unit 08 yang ditugaskan untuk bersiaga selama kegiatan berlangsung.

Menghadapi situasi darurat, para relawan yang bertugas sebagai tim kesehatan seringkali dihadapkan oleh situasi keterbatasan alat dalam melakukan pertolongan pertama. Ketersediaan alat dalam melakukan sebuah pertolongan pertama merupakan sebuah hal yang sangat penting, karena situasi darurat yang mendesak selalu datang tanpa bisa di prediksi terlebih dahulu. Karena itulah selain kesiapan penolong, ketersediaan perlengkapan pertolongan pertama menjadi unsur penting dalam setiap melakukan sebuah pertolongan. 

Melalui tulisan ini, penulis menyampaikan harapan para relawan KSR-PMI Unit 08 IAIN Lhokseumawe kepada pihak kampus, terkait bantuan tunjangan perlengkapan medis pertolongan pertama, agar kinerja yang baik pun tercipta secara optimal diiringi dengan kualitas dalam melakukan pertolongan. 

Sebagai upaya peningkatan kualitas kinerja dan juga kebermanfaatan yang bersifat inklusif, unit kegiatan mahasiswa KSR-PMI Unit 08 IAIN Lhokseumawe berharap agar dapat menjalin kerjasama kepada rumah sakit terdekat sebagai tempat rujukan korban dalam keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan lebih lanjut. Selain itu mereka juga berharap dapat turut menjalin kerjasama dan koordinasi yang baik dengan panitia dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. 

Kebermanfaat dan rasa peduli pada sesama ialah wujud dari murninya arti hidup manusia. Menjadi manusia adalah tentang bagaimana memberikan kebermanfaatan dan kontribusi dalam celah sempit kehidupan seseorang. Menjadi manusia ialah bagaimana arti hidup dalam sebuah kebaikan dan menjadi manusia adalah saat dimana perjuangan dan pengorbanan ada demi dedikasi kemanusiaan. 


Penulis: Alya Maulida Nabila dan Haris Fajar Fadhillah

Editor: Redaksi


banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.