HEADLINE

Latest Post
Loading...

02 April 2022

Masyarakat Antusias Ikuti Rukyat Hilal Ramadhan 1443 H di POB Blang Tiron Lhokseumawe

Foto: IST

www.lpmalkalam.comKementerian Agama (Kemenang) Kota Lhokseumawe bekerjasama dengan jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe, Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Utara, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Lhokseumawe & Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Utara, menggelar rukyat hilal awal Ramadhan 1443 H di POB Blang Tiron, Kompleks Perumahan PT. Perta Arun Gas Lhokseumawe pada Jum'at, (01/04/2022). 

Dalam rukyat hilal kali ini terlihat pengunjung sangat antusias untuk melihat langsung proses pemantau hilal, setelah sebelumnya beredar informasi terjadinya perbedaan awal Ramadhan dari beberapa Organisasi Masyarakat Islam. 

Para pengunjung terdiri dari masyarakat umum, para santri, mahasiswa, para ulama dan cendekiawan muslim dari berbagai latar belakang terlihat turut meramaikan proses rukyat hilal kali ini. 

Foto: IST

Tgk. Dr. Ismail, M.A. dosen Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe menyampaikan bahwa, untuk bulan Ramadhan kali ini terasa istimewa dimana untuk awal dan akhir bulan Ramadhan 1443 H pemerintah telah mengacu pada kriteria baru. Kriteria baru kesepakatan Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) yang menetapkan bahwa secara astronomis, hilal dapat teramati apabila bulan memiliki ketinggian minimal 3 derajat dan elongasinya minimal 6,4 derajat. 

Adapun tinggi hilal diatas ufuk barat pada hari Jumat tanggal 1 April 2022 M atau 29 Sya'ban 1443 H saat matahari terbenam di seluruh Indonesia berkisar antara 2 derajat 10 menit Busur (tertinggi) di Bengkulu, sampai dengan 1 derajat 7 menit busur (terendah) di Jayapura.

Sementara, nilai sudut elongasi Bulan saat Matahari terbenam pada hari Jumat 1 April 2022 atau 29 Sya'ban 1443 H di seluruh Indonesia berkisar antara 3 derajat 28 menit busur (tertinggi) di Banda Aceh sampai 2 derajat 56 menit busur (terendah) di Kupang.

Dari data hilal di atas, dapat diinformasikan bahwa kondisi hilal di seluruh Indonesia pada hari Jumat 1 April 2022 atau 29 Sya'ban 1443 H belum memungkinkan untuk diamati karena masih jauh dari teori kriteria imkan rukyat, sehingga jumlah hari bulan Sya'ban 1443 H digenapkan menjadi 30 hari dan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Minggu 3 April 2022, jelas Tgk Ismail.

Waled Mustafa M. Isa, Ulama dan pakar Ilmu Falak Aceh Utara, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar saling menghargai dan menghormati pendapat Ormas Islam yang berbeda dalam mengawali Ramadhan. Dimana mereka memiliki landasan dan cara pandang dalil tersendiri.

"Sehingga kita perlu meyakini apa yang kita rasa benar dengan tidak menyalahkan pihak lainnya," tutupnya.


Sumber: Rilis

Editor: Redaksi




 

banner
Previous Post
Next Post
Comments
0 Comments

0 comments:

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.