HEADLINE

Latest Post
Loading...

08 July 2017

Mahasiswa Jangan Jadi Kupu kupu (Kuliah Pulang, kuliah pulang)

                                                                 Penulis: Hasyimah Putri


Mahasiswa merupakan unit terpenting  bagi suatu perguruan tinggi. Mahasiswa identik dengan proses belajar, belajar dan belajar. Ada beberapa tipe karakteristik mahasiswa, diantaranya ada mahasiswa biasa, mahasiswa aktivis dan mahasiswa hiperaktivis. Menjadi mahasiswa tentulah menguras banyak pikiran untuk dapat mengeluarkan ide, pendapat dan kefahaman terhadap materi perkuliahan yang dipelajari. Sebenarnya cara Mahasiswa memperoleh ilmu pengetahuan di kampus ada dua macam yaitu ilmu yang didapat di dalam ruang belajar dan ilmu di dalam forum organisasi, baik organisasi internal maupun organisasi eksternal kampus.

Pada hakikatnya, organisasi merupakan wadah perkumpulan pikiran dan ide-ide kreatif Mahasiswa dalam  mensukseskan visi dan misi bersama-sama. Setiap anggota organisasi diberikan hak untuk belajar dan berpendapat. Tidak hanya itu, jaringan yang terbentuk dalam komunitas organisasi tentulah sangat luas dari kampus yang satu dengan kampus lainnya. Bahkan tidak jarang banyak berhadir tokoh-tokoh besar nasional dan inspiratif yang dengan sukarela membagikan ilmu-ilmu  yang mereka miliki untuk memotivasi Mahasiswa dari organisasi tertentu.

Rizki Wahyudi, salah seorang dosen IAIN Lhokseumawe  mengatakan dirinya sangat  bangga pernah menjadi bagian Mahasiswa organisatoris di kampus IAIN Lhokseumawe “menjadi Mahasiswa  aktivis  di berbagai  organisasi merupakan prestasi termahal bagi saya, karena ada sebagian besar ilmu dari organisasi tidak kita peroleh di dalam ruang belajar perkuliahan”.

Membangun prestasi akademik di dalam ruang belajar dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi merupakan impian setiap Mahasiswa untuk memperoleh sertifikat kelulusan dengan predikat Istimewa seperti Cumload atau sangat memusakan. Namun sebenarnya nilai tinggi tanpa didukung dengan pengalaman organisasi serta skill tertentu seperti skill berbicara, memimpin, mengatur, menulis dan mendesain sesuatu juga bisa menjadi hambatan bagi Mahasiswa ketika mencari pekerjaan usai menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Kehadiran organisasi sangat berpengaruh pada pembentukan karakter Mahasiswa. Bergabung di dalam forum organisasi merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi seorang Mahasiswa. Karena dengan berorganisasi berarti Mahasiswa tersebut sedang membuka cakrawala berfikirnya lebih luas, lebih tajam dan tentunya lebih kreatif serta lebih peka terhadap kondisi lingkungan, Negara dan dunia.

Jika banyak Mahasiswa yang beranggapan bahwa organisasi hanya mengganggu proses belajarnya, maka itu adalah anggapan yang salah. Karena sebenarnya organisasi tidak pernah salah, hanya saja Mahasiswa perlu pengetahuan lebih lanjut tentang cara memanage/mengatur waktu organisasi dengan waktu belajar.

Penulis: Hasyimah Putri
Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Lhokseumawe
Sekretaris Umum UKM LPM Al – Kalam  IAIN Lhokseumawe
banner
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Wahhh... bagus tuisannya, andai saja mahasiswa di indonesia tidak ada yg kupu2 yaa;)

    ReplyDelete

Pers Mahasiswa AL-Kalam, IAIN Lhokseumawe Phone. 0852 6017 5841 (Pimpinan Umum). Powered by Blogger.